fbpx

Harga Anjlok, Kemendag Malah Sarankan Peternak Ayam Bagi-bagi Gratis

0 380

- Advertisement -

SatuNusaNews – Peternak ayam potong menjerit akibat harga di pasaran terjun bebas hingga di bawah Rp 7000 perkg. Menyikapi hal ini, Kementerian Perdagangan memberi solusi yang terdengar aneh, yaitu menyarankan peternak membagikan ayam gratis ke masyarakat.

Hal tersebut tertuang dalam Lampiran Surat Kemendag Nomor 158/PDN/SD/6/209 mengenai Pembagian Livebird/Karkas. Surat tersebut para berisi peternak diminta membagikan livebird/karkas secara gratis.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Tjahja Widayanti, mengimbau pelaku usaha perunggasan membagikan ayam hidup ke masyarakat yang membutuhkan seperti panti asuhan, panti jompo, pondok pesantren, hingga masyarakat miskin.

Menurut dia, keputusan tersebut sudah sesuai dengan rapat koordinasi yang dilakukan dengan pihak Kementerian Pertanian (Kementan) dan sejumlah peternak di Solo pada 14 Juni 2019.

“Kita sudah rapat di Solo, sudah ada yang diputuskan. Ada bagi-bagi gratis dari CSR-nya. Supaya suplai ayam menjadi seimbang. Itu yang sudah dilakukan teman-teman peternak di Jateng, Jatim, dan Yogyakarta,” ujar Tjahja seperti dikutip Kumparan usai rakor pangan di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (24/6).

Cara tersebut dianggap Kementerian Perdagangan dapat meningkatkan kembali harga ayam yang saat ini anjlok hingga Rp 7.000 per kilogramnya (kg). “Iya. Kita tunggu aja ya hasilnya,” katanya.

Peternak ayam menjerit karena harga tersebut hanya mampu dijual jauh di bawah Biaya Pokok Produksi (BPP). Harga di peternak jauh di bawah harga ideal yaitu Rp 18.500-Rp 20.000 per kg.#

Comments
Loading...