SatuNusaNews
Terpercaya beritakan fakta.

Bawaslu dan KPU Mengetahui Jokowi Hadir di Acara TKN

57

SatuNusaNews – Saksi fakta yang dihadirkan oleh pihak terkait TKN 01, Anas Nashikin, mengkonfirmasi kehadiran Presiden Joko Widodo pada acara TOT TKN 01. Kehadiran presiden saat itu justru sepengetahuan Bawaslu dan KPU, karena penyelenggara pemilu juga diundang dan hadir pada kegiatan tersebut.

Fakta tersebut terungkap pada pemeriksaan saksi dari pihak 01, Anas  Nashikin pada sidang sengketa pilpres.

Anas Nashikin mengaku sebagai penanggung jawab Training of Trainer Saksi Paslon 01. Training tersebut diadakan di Hotel El Royale Jakarta pada tanggal 20-22 Februari 2019.

Dalam kesaksiannya, Anas Nashikin mengakui bahwa Presiden Joko Widodo hadir pada kegiatan tersebut. Namun Anas tidak bisa menjelaskan apakah Jokowi hadir sebagai presiden atau bukan. Anas hanya menjelaskan Jokowi hadir sebagai senior, tanpa bisa menjelaskan pengertian senior yang dimaksud.

Anas Nashikin juga memastikan bahwa penyelenggara pemilu juga hadir dalam kegiatan tersebut yaitu KPU, Bawaslu, dan DKPP.

Presiden Jokowi hadir pada hari kerja, tepatnya hari Rabu tanggal 20 Februari 2019. Padahal pada saat itu Jokowi tidak sedang cuti saat menghadiri kegiatan yang diadakan oleh TKN 01. Sedang kegiatan tersebut adalah acara yang tertutup dan terbatas.

Pihak termohon KPU mengakui bahwa benar hadir dalam kegiatan yang disebut saksi Anas. KPU menjelaskan bahwa kehadiran dalam kegiatan tersebut adalah diundang sebagai pembicara. Dan KPU menjelaskan bahwa kehadiran atas undangan seperti itu biasa saja.

KPU juga menjelaskan bahwa pihak BPN 02 juga pernah diundang dan hadir. Bukan cuma Paslon peserta pilpres, juga undangan dari partai peserta pemilu.

Demikian juga pihak Bawaslu juga mengakui hal yang sama dengan penjelasan KPU.

Pejabat Negara Hadir

Bukan sekedar hadir, Jokowi juga didaulat menyampaikan sambutan pada pelaksanaan kegiatan tersebut.

Turut hadir dan menjadi pembicara pada training tersebut Moeldoko Kepala Staf Kepresidenan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pejabat-pejabat yang hadir pada training tersebut hadir pada hari kerja tanpa ada keterangan cuti sebagai penyelenggara negara.

Konfrontir

Anas Nashikin dihadirkan oleh pengacara Paslon 01 niatnya untuk membantah keterangan saksi yang diajukan sebelumnya oleh Pemohon Paslon 02, Hairul Anas Suaidi.

Pihak pemohon Paslon 02 menjadikan kesempatan tersebut untuk mengkonfrontir atas keterangan dari saksi Khairul Anas Suaidi.

Hairul Anas Suaidi adalah saksi yang hadirkan oleh pemohon BPN 02. Hairul Anas memaparkan bahwa dia pernah menghadiri pelatihan untuk trainer saksi Paslon 01. Pelatihan yang dilaksanakan di Hotel El Royale pada 20-22 Februari 2019 itu memaparkan materi-materi sensitif.

Pada pelatihan tersebut, Hairul menunjukkan slide materi yang memojokkan pasangan Jokowi – Ma’aruf Amin. Dalam pemaparan yang disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Hairul menyampaikan adanya statemen bahwa aparat mendukung petahana.

Selain itu, juga terdapat materi bagaimana menjadikan swing voter Prabowo Subianto untuk tidak memilih alias golput. #

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.