Persekusi, Apa Arti Sebenarnya?

SatuNusaNews – Akhir-akhir ini kata persekusi menjadi kata yang paling populer di Indonesia. Kebanyakan menganggapnya sama berarti main hakim sendiri.

Beberapa kasus disangkakan sebagai tindak persekusi. Tak tanggung-tanggung, pelakunya diancam hingga 5 tahun penjara. Tuduhan ini telah menelan korban antara lain 2 pemuda yaitu Abdul Mujid dan Matsunin. 

Abdul Munir dan Matsunin ditangkap karena diduga melakukan kekerasan verbal dan fisik pada Mario, remaja yang melecehkan ulama dan menantang umat Islam di akun Facebooknya.

Contoh tindakan paling vulgar justru terjadi di depan aparat di Kota Manado yang menimpa Fahri Hamzah. Wakil Ketua DPR RI ini diusir dari kota Minahasa karena dituduh sebagai bagian dari kelompok intoleran.

Bukan hanya mengusir secara verbal, massa bahkan melakukan ancaman pembunuhan dengan melakukan razia kendaraan yang dicurigai membawa mantan politisi PKS ini. Massa bersenjata tajam bahkan menyerbu bandara Sam Ratulangi hingga masuk ke area steril.

Namun sayangnya hingga saat ini tidak ditemui informasi tindakan aparat kepolisian terhadap tindakan persekusi tersebut.

Pengertian Persekusi

Persekusi itu berbeda dengan main hakim sendiri. Dalam arti yang sebenarnya, merupakan tindakan memburu seseorang atau golongan tertentu yang dilakukan suatu pihak secara sewenang-wenang dan sistematis juga luas, jadi beda dengan main hakim sendiri.

Biasanya seseorang yang tidak dapat atau tidak bersedia pulang kembali ke Negara asalnya karena memiliki ketakukan yang mendasar karena adanya ancaman yang disebabkan oleh alasan ras, agama, kebangsaan, keanggotaan pada kelompok sosial tertentu atau pendapat politik.

loading...

Definisi Persekusi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, persekusi [per·se·ku·si /pérsekusi] adalah kata kerja yang berarti pemburuan sewenang-wenang terhadap seorang atau sejumlah warga dan disakiti, dipersusah, atau ditumpas.

Menurut wikipedia definisi Persekusi (persecution) adalah perlakuan buruk atau penganiyaan secara sistematis oleh individu atau kelompok terhadap individu atau kelompok lain, khususnya karena suku, agama, atau pandangan politik.

Persekusi adalah salah satu jenis kejahatan kemanusiaan yang didefinisikan di dalam Statuta Roma Mahkamah Pidana Internasional. Timbulnya penderitaan, pelecehan, penahanan, ketakutan, dan berbagai faktor lain dapat menjadi indikator munculnya persekusi, tetapi hanya penderitaan yang cukup berat yang dapat dikelompokkan sejenis.

Pengertian Persekusi secara implisit dapat dimaksudkan sebagai suatu ancaman yang dilakukan oleh negara, penganiayaan oleh aparat polisi atau tentara yang melakukan tekanan terhadap penduduk sipil, dapat berupa tekanan ras, agama, kebangsaan, keanggotaan pada kelompok sosial tertentu atau opini politik. Dikarenakan adanya ketakutan akan ancaman tersebut maka ia tidak mau atau tidak dapat memanfaatkan perlindungan dari negaranya sehingga ia berkeinginan untuk berada di luar negaranya. #

Facebook Comments
Authors
Top