Rezim Suriah Terbukti Gunakan Drone Israel Serang Oposisi

208

SatuNusaNews – Sebuah media di Irael, Yedioth Ahronoth melansir sebuah photo yang mengejutkan. Sebuah pesawat nir-awak atau yang dikenal dengan sebutan drone yang diyakini produksi negara zionis Israel terlihat melintas di langit Suriah menggempur pasukan oposisi.

Photo ini semakin mempertegas adanya bantuan militer Israel untuk rezim Bashar al Assad dalam menghadapi pasukan oposisi. Berbagai kelompok mujahidin sunni mengangkat senjata untuk mengakhiri kekejaman rezim Assad pada rakyatnya. Bukan hanya militer reguler, milisi syiah Hizbullah juga terlihat menggunakan drone tersebut untuk menyerang pasukan-pasukan mujahidin Sunni. Milisi Syiah Hizbullah memang berada dalam satu barisan dengan pemerintah Assad, mengingat kesamaan ideologi dan akidah syiah yang mereka anut.

Menurut media Israel lainnya, News 24 melaporkan bahwa drone tersebut dijual pemerintah Israel kepada pemerintah Rusia. Dari tangan Rusia lah rezim Assad menerima dukungan militer tersebut. Dalam laporannya, News 24 menyebutkan bahwa pemerintah Rusia berjanji tidak akan menjual drone canggih tersebut kepada militer Iran. Namun nyatanya, drone tersebut justru dengan leluasa digunakan tentara Bashar al Assad dan milisi Hizbullah yang nyata-nyata dukungan Negara Syiah Iran.

News 24 mengatakan, teknologi Israel telah dimanfaatkan oleh otoritas rezim Suriah dan Hizbullah untuk memerangi oposisi setelah keterlibatan Rusia di negara itu. Sebelumnya Israel dan Rusia juga terikat perjanjian ihwal penggunaan wilayah udara Suriah, terutama yang berbatasan dengan Israel.

Jerusalem Post menyebut, setahun setelah pertempuran di Suriah, otoritas Turki mengatakan kepada surat kabar Al-Sharq al-Awsat, mereka telah mengidentifikasi drone milik Israel yang digunakan rezim Suriah menggempur rakyatnya. #

 

 

Comments
Loading...