Relawan “Kawan Jokowi” Banyu Biru Pamer SK Anggota BIN

145

SK_BIN_banyu_biruSatuNusaNews – Ada-ada saja kelakuan artis Banyu Biru Djarot ini. Relawan “Kawan Jokowi” bukannya merahasiakan identitasnya sebagai anggota Badan Intelijen Negara (BIN), malah pamer SK pengangkatannya. Putra sutradara kondang Eros Djarot itu mengunggah surat pengangkatan dirinya sebagai anggota intelijen.

Banyu Biru yang juga salah satu aktivis Koalisi Anak Muda dan Relawan atau Kawan Jokowi ini dengan sadar mengunggah SK pengangkatan dirinya sebagai anggota BIN tersebut, tak ayal tingkahnya ini menuai beragam cibiran dari para Netizen.

Menyikapi kenyataan tersebut, Kepala BIN Sutiyoso pun unjuk bicara. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini akan melakukan evaluasi terhadap personel intelejen di jajarannya. “Intinya, nanti semua anggota organik akan kita evaluasi,” kata Sutiyoso sebagaimana dikutip Liputan6 Senin (01/02/2016).

Evaluasi tidak terkecuali akan dilakukan terhadap struktur yang ditempati Banyu Biru, yaitu di Dewan Informasi Strategis dan Kebijakan (DISK) BIN.

“Kita lihat nanti apakah anggota itu capable atau tidak. Banyu Biru dipastikan dicoret, itu makanya kita evaluasi,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Secara sifat, surat yang di-posting Banyu Biru di sosial media itu bersifat rahasia. Artinya, surat tersebut hanya untuk kepentingan kedinasan dan bukan untuk konsumsi publik.

“Sebenarnya tidak boleh kayak begitu (disebarluaskan),” kata Bang Yos.

Netizen sebelumnya digegerkan oleh surat pengangkatan Banyu Biru sebagai anggota BIN. Dalam postingan foto surat, pengusahan muda itu membubuhinya dengan kalimat: Alhamdulillah. Beberapa temannya juga terlihat memberikan emoji bergambar hati.

Entah bagaimana posting di media sosial tertutup itu akhirnya menyebar ke dunia maya. Sontak para netizen pun memberikan komentar beragam.

“Jadi Intel kok ngaku, pakai posting pula”, “Nge-share SK di medsos nggak sekalian di laminating”, “Pamer SK jadi anggota BIN, duhh Mas Banyu”.

Surat pengangkatan langsung oleh Kepala BIN Sutiyoso dan ditandatangani Kepala Biro Kepegawaian BIN Suharyanto S.Sos,MM. Dicantumkan pula masa berlaku Banyu Biru menjadi intel selama 12 bulan penuh mulai dari 1 Januari 2016 hingga 31 Desember 2016.

Berikut isi surat yang menggegerkan jagad dunia maya:

Petikan
Keputusan Badan Intelijen Negara
Nomor KEP-311/XII/2015
Tentang
Pengangkatan Dewan Informasi Strategis dan Kebijakan
Badan Intelijen Negara
Kepala Badan Intelijen Negara

Menimbang: -dst-
Mengingat: -dst-
Memperhatikan: -dst.

Memutuskan
Menetapkan:

Kesatu: Kepada yang namanya tersebut dalam lajur 2 lampiran keputusan ini diangkat sebagai dewan Informasi dan strategis Kebijakan Badan Intelijen Negara terhitung mulai tanggal sebagaimana tersebut dalam lajur 3 dengan jabatan sebagaimana tersebut dalam lajur 4.

Kedua: Apabila dikemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam Keputusan ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Ketiga: Petikan Keputusan ini disampaikan kepada yang bersangkutan untuk diketahui dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

Ditetapkan di Jakarta
Pada tanggal 31 Desember 2015
Kepala Badan Intelijen Negara
ttd
Sutiyoso

Lampiran
Keputusan Kepala Badan Intelijen Negara
Nomor: KEP-311/XII/2015
Tanggal: 31 Desember 2015
No. 18
Nama: Banyu Biru, B.Sc
TMT Pengangkatan: 01-01-2016 s.d 31-12-2016
Jabatan: Anggota Bidang Politik
Kepala Badan Intelijen Negara
ttd
Sutiyoso

Untuk Petikan yang Sah
Badan Intelijen Negara
Kepala Biro Kepegawaian
Suharyanto S.Sos,MM

 

Tentu sebuah kebanggaan menjadi seorang anggota intelejen, itu berarti Banyu Biru memiliki insting dan intuisi tajam yang tidak dimiliki oleh orang kebanyakan. Intelejen adalah sebuah tugas atau operasi penting yang bersifat sangat rahasia, biasanya intelejen berkaitan dengan tugas-tugas negara. Jika di filmkan tugas seorang intelejen itu hampir sama dengan James Bond, CIA, KGB, dan film-film lain yang berkaitan dengan dunia Spionase atau mata-mata.

Sikap pamer dari Banyu Biru ini sontak menjadi pertanyaan bagi para Netizen, seorang anggota intelejen biasanya tidak diperbolehkan untuk memberi tahu teman atau bahkan keluarganya sendiri terkait keanggotaannya. Tugas negara yang sedang diemban tentu bukanlah tugas biasa, untuk itulah kerahasiaan seorang intelijen harus tetap di jaga.

Pengangkatan Banyu Biru sebagai anggota BIN sendiri tentu memiliki alasan kuat, selain dianggap memiliki bakat intelejensia yang tinggi, Banyu Biru adalah salah satu barisan relawan Jokowi, tentu ini juga menjadi point yang penting. Pengangkatan para relawan untuk menduduki jabatan strategis di berbagai lembaga dan instansi pemerintah saat ini, memang sedang marak dan menjadi trend.

Tidaklah salah jika Banyu Biru menjadi seorang anggota intelejen, namun mengumumkan dirinya sebagai anggota BIN ke ranah publik, tentu saja itu menjadi sebuah pertanyaan bagi kita para Netizen. #

Comments
Loading...