Padang Larang Warga Rayakan Valentine Day

SatuNusaNews – Menjelang tanggal 14 Februari 2016, yang dikenal oleh budaya barat sebagai Valentine Day, Walikota Padang H. Mahyeldi SP tegas melarang warganya ikut-ikutan merayakannya. Mahyeldi mengeluarkan himbuan resmi yang ditujukan kepada seluruh elemen masyarakat di Kota Padang untuk tidak merayakannya karena dianggap tidak sesuai dengan norma agama Islam dan nilai-nilai adat budaya Minangkabau.

Himbauan bernomor 451/01.74/Kesra-2016 dikeluarkan oleh Walikota Padang diterima oleh Redaksi pada Kamis (11/02) kemarin. Dalam himbauan tersebut jelas disebutkan bahwa dasar pelarangan perayaan Valentine Day atau dikenal juga sebagai hari kasih sayang karena hal tersebut merupakan budaya yang menyimpang dari nilai, norma dan aturan, tidak sesuai dengan agama dan budaya. Atas dasat tersebut, Walikota H. Mahyeldi SP secara tegas menyatakan bahwa Valentine Day haram hukumnya untuk dirayakan.

Himbauan Walikota Padang tersebut terdiri dari 5 poin. Dimana salah satunya menyebutkan bahwa dalam referensi Islam dan budaya Minangkabau yang berfilosofi “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah” tidak ada aturan tentang perayaan hari Valentine. Perayaan hari kasih-sayang pada tanggal 14 Februari ujung-ujungnya hanyalah pergaulan bebas.

Baca Juga  Walikota Padang Keluarkan Himbauan Larang Pemakaian Atribut Natal Bagi Muslim

Perayaan Valentine Day menurut H. Mahyeldi cenderung mendorong orang permisif dan melanggar norma-norma serta bentuk pengerusakan budaya secara sistematis dari luar dan pengrusakan budaya kepatutan.

Karena itu H. Mahyeldi menghimbau kepada segenap orang tua, guru, ninik mamak, alim ulama, bundo kanduang, cerdik pandai, dan pemuka masyarakat agar mengambil peranan penting, mencerdaskan, mengingatkan, mendidik, serta melarang anak kemenakan, generasi muda untuk tidak ikut merayakan hari Valentine tersebut.

Kepada para pengusaha pemilik penginapan dan tempat hiburan dihimbau tidak mengadakan acara serta menyediakan tempat untuk perayaan Valentine Day tersebut. #

Facebook Comments
Authors

Related posts

Top