[Breaking News] Ridwan Kamil Batal Maju sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta

115

Ridwan KamilSatuNusaNews – Walikota Bandung, Ridwan Kamil menyatakan menolak maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta pada pilkada 2017 nanti. Kepastian ketidak bersediaan beliau dinyatakan secara langsung pada konferensi pers hari ini Senin (29/02) di Bandung, Jawa Barat.

Uniknya, konferensi pers ini juga disiarkan secara live di Fanpage pribadinya, sehingga menjadikan dirinya kepala daerah pertama yang menggunakan fasilitas video live di Facebook.

Di awal, Ridwan Kamil memaparkan capaian-capaian yang telah dicapai Kota Bandung selama kepemimpinannya. Namun beliau memilih meneruskan perbaikan-perbaikan tersebut demi Bandung yang lebih baik.

“Alasan utama saya menolak maju dalam pilkada DKI Jakarta adalah karena tugas saya di Kota Bandung belum selesai,” sebutnya.

Beliau juga menolak jika keputusannya tersebut disebabkan oleh hitung-hitungan politik yang bisa menjadikan karir politiknya akan terhenti bila gagal merebut DKI 1. Ridwan Kamil menjelaskan kalau pada awal-awal pencalonannya sebagai walikota Bandung hanya bermodalkan popularitas sebesar 6% namun kemudian berhasil memenangkan pilkada.

“Di awal-awal dulu (popularitas) saya hanya 6%,” paparnya. Tentu dengan besarnya harapan banyak warga Jakarta agar beliau maju sebagai calon gubernur melawan Ahok, tingkat popularitasnya pastilah jauh lebih tinggi.

Beliau juga menjelaskan bahwa kontribusi tidak harus dibuktikan dengan membangun ibukota Jakarta. Setiap wilayah membutuhkan kontribusi dari setiap pemimpinnya. Mengutip ayat Al Qur’an yang berarti manusia yang terbaik adalah yang bisa memberi manfaat bagi orang lain. Ayat tersebut kerap disampaikan ibunda beliau untuk menasehati sekaligus memotivasinya untuk terus membuat kebaikan dan manfaat bagi sebanyak-banyaknya umat manusia. Menurutnya semua orang bisa memberi manfaat dan kontribusi di manapun, tidak harus ke ibukota.

Di akhir konferensi pers, Ridwan Kamil kembali mempertegas logika keputusan yang ia ambil. “Jadi logikanya bukan masalah menang atau tidak menang. Tapi alasan utama saya menolak maju di DKI adalah karena tugas saya di Kota Bandung belum selesai,” jelasnya.

Didampingi istrinya Atalia Praratya, Ridwan Kamil juga menitipkan doa kepada tokoh-tokoh nasional lain yang maju merebut DKI 1 seperti Adhyaksa Dault dan Yusril Ihza Mahendra agar sukses di pilkada Jakarta. Bahkan satu nama artis lawas Desi Ratnasari juga turut didoakannya karena Ridwan Kamil sempat mendengar rencananya maju. Sempat terdengar ketawa kecil dari kumpulan jurnalis, namun diingatkan kembali oleh Ridwan Kamil agar kita tidak boleh menyepelekan statistik dan ketenaran seorang tokoh. #

Comments
Loading...