Terus Terpuruk, Rupiah Jadi Mata Uang Terburuk Asia

190

SatuNusaNews – Mata uang rupiah terus mendapat tekanan akibat ketidak pastian ekonomi Indonesia. Cadangan devisa yang menyusut tajam dan kuatnya arus modal keluar menjadikan rupiah diprediksi mata uang terburuk pada 2016.

Sebelumnya selama dua tahun ringgit milik Malaysia mengalami pelemahan maksimal di kawasan Asia, kini giliran mata uang Indonesia yang diperkirakan jatuh 6,2 persen terhadap dolar AS sejak 30 November hingga akhir 2016.

Rupiah menjadi mata uang yang performanya paling menurun di antara pasar negara berkembang di Asia pada 2012 dan 2013. Pelemahan yang terjadi masing-masing 5,9 persen dan 21 persen akibat dari harga komoditas turun dan kebijakan moneter ketat dari negara-negara berkembang.

Dikutip dari laman Republika, Kepala Strategi Valuta Asing Asia Societe Generale SA berbasis di Singapura, Jason Daw memaparkan prediksi tidak mengenakkan tersebut.

“Rupiah menduduki peringkat tinggi dalam hal kerentanan aliran modal,” kata Kepala Strategi Valuta Asing Asia Societe Generale SA berbasis di Singapura, Jason Daw seperti dilansir dari Bloomberg beberapa waktu lalu.

Cadangan devisa Indonesia telah jatuh selama sembilan bulan terakhir hingga November. Investor luar negeri memegang 38 persen dari obligasi negara dalam mata uang lokal sehingga menyebabkan Indonesia rentan terhadap arus keluar sebagai dampak dari kenaikan suku bunga Federal Reserve (The Fed) dan perlambatan ekonomi Cina.

Societe Generale melihat rupiah akan jatuh ke Rp 15.300 atas dolar AS pada akhir 2016. #

Comments
Loading...