Juarai GP Valencia, Jorge Lorenzo Rebut Gelar Juara Dunia MotoGP 2015

Jorge Lorenzo juara MotoGP 2015

SatuNusaNews – Jorge Lorenzo merebut gelar MotoGP ketiga setelah menjuarai GP Valencia akhir musim pada Ahad (08/11). Sementara itu Valentino Rossi gagal mendapatkan posisi yang cukup untuk mengejar rekan setimnya di Yamaha. Rossi sendiri harus memulai lomba dari belakang grid karena dianggap melakukan sentuhan berbahaya sehingga membuat pembalap Marc Marquez terjatuh di GP Sepang, Malaysia 2 pekan lalu.

Lorenzo mengawali balapan dengan selisih tujuh poin dari Rossi, namun sayangnya rider veteran Italia ini hanya mampu melewati garis finish pada urutan keempat. Rossi memerlukan setidaknya posisi kedua untuk memastikan gelar juara dunia MotoGP 2015 tetap di tangannya.

Lorenzo akhirnya mampu mengumpulkan 330 poin, lima poin lebih banyak dari Rossi, yang berusaha untuk memenangkan gelar juara dunia kedelapan dan yang pertama sejak 2009.

Kemenangan Lorenzo ini adalah kemenangan ketiganya, setelah MotoGP 2010 dan 2012. Pembalap asal Spanyol 28 tahun ini start dari pole position dan tetap memimpin di depan hingga finish di sirkuit Ricardo Tormo pinggir Kota Valencia.

Merayakan kemenangannya, Lorenzo meraih bendera Spanyol dan berkendara mengelilingi trek di lap kemenangannya. Marquez, pemenang dua kejuaraan MotoGP terakhir, menyelesaikan lomba tepat di belakang Lorenzo di urutan kedua, tetapi tidak pernah mencoba untuk bergerak signifikan untuk memimpin. Pedrosa, pemenang dua dari tiga balapan terakhir, menduduki posisi ketiga, melengkapi apa yang disebut All-Spanish Podium.

Lorenzo memiliki awal yang bersih tapi manuver gesit Rossi di belakangnya mencapai posisi 10 hanya dua lap balapan dari keseluruhan 30 lap.

Baca Juga  Duet Rossi - Lorenzo Diramal Berakhir di MotoGP 2017

Rossi terus menekan ke depan dan mendapati posisi kelima setelah 10 lap, tapi tidak bisa membuat banyak kemajuan setelah mencapai tempat keempat dua lap kemudian. Satu-satunya kesempatan adalah jika sesuatu terjadi pada pengendara di depannya.

Ada pernik tambahan di GP Valencia setelah Rossi menjadi tersangka dalam kecelakaan Marquez di Malaysia dua pekan lalu dan juga menuduhnya mencoba untuk mendukung sesama pembalap Spanyol dalam perburuan gelar. Rossi meminta penalti ke Pengadilan Arbitrasi Olahraga, tapi permintaannya ditolak sehari sebelum sesi latihan pertama di Valencia, Jumat (06/11) waktu setempat.

Rossi membutuhkan finish di tempat kedua untuk mengamankan gelar tanpa tergantung pada hasil Lorenzo. Dia juga bisa menang dengan melintasi garis finish tepat di belakang pembalap Spanyol. Italia berjuang di bagian akhir musim ini, dimana tercatat hanya membukukan sekali kemenangan dalam 10 balapan terakhir.

Pembalap Yamaha mengakhiri tahun dengan tujuh kemenangan, termasuk semua empat balapan di Spanyol.

The Doctor Rossi memenangkan empat balapan dan hanya tiga kali naik podium sejak memenangi GP Inggris enam balapan yang lalu.

Baca Juga  Hasil Kualifikasi MotoGP Australia 2015, Marques Pole Position

Ini adalah kedua kalinya Rossi memasuki balapan akhir musim dengan poin memimpin tetapi gagal untuk memenangkan gelar. Tahun 2006 Rossi juga gagal mengalahkan pebalap AS Nicky Hayden setelah terjatuh di awal balapan yang menentukan di Valencia dan finishing hanya di posisi 13. #

Facebook Comments
Authors

Related posts

Top