Ternyata Ahok Selama Tiga Tahun Tak Setor Pajak Penghasilan di DKI

149

- Advertisement -

SatuNusaNews – Basuki Tjahja Purnama yang dikenal dengan panggilan Ahok sudah tiga tahun ini menduduki posisi puncak di ibukota. Sebelumnya ia menjadi wakil gubernur saat Jokowi masih menjabat gubernur. Setahun ini, setelah Jokowi diangkat sebagai presiden, praktis Ahok menjadi gubernur. Namun sayangnya, selama tiga tahun tersebut, Ahok belum pernah sekalipun menyetorkan pajak penghasilannya ke DKI.

Gubernur DKI ternyata tak pernah membayar pajak penghasilan di Pemprov DKI. Tiga tahun menjadi orang penting di ibukota, Ahok justru membayarkan pajaknya ke Pemda Belitung Timur. 

Entah pura-pura bodoh, Ahok dengan ringan ‎menjawab pertanyaan wartawan tentang setoran pajaknya. “Punya NPWP sudah lama, dulu kan kita pikir tetap di Belitung bayarnya,” ujarnya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (09/10).

Alasan tak masuk akal disampaikannya karena ingin membantu PAD Belitung Timur. Ia beralasan sengaja membayar pajak di Belitung Timur agar pendapatan asli daerah (PAD) kota tersebut terbantu. Namun ia tak menyebutkan berapa total pajak yang ia pernah bayarkan.

Karena diamanatkan UU harus membayar pajak penghasilan sesuai dengan domisili KTP, maka mulai tahun ini Ahok berjanji akan membayar pajak ke Pemprov DKI.

“Bayar pajaknya tetap ke Belitung supaya nyumbang ke kampung halaman. Terus sekarang sudah nggak boleh,” ucapnya.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Utara Pontas Pane mengakui pajak Ahok telah dilaporkan di surat pajak tahunan (SPT) DKI. Namun ia juga enggan menyebutkan berapa angka pajak yang didaftarkan Ahok.

“Saat ini masih belum bisa diungkapkan karena masih dalam tahap pengisian,” kata Pontas seperti dikutip dari RMOL Jakarta.

Comments
Loading...