Menpan Akan Pecat Kepala Daerah Yang Pakai Ijazah Palsu

  • Bagikan

SatuNusaNews – Anggota Kabinet Kerja yang dibentuk Presiden Joko Widodo kembali jadi bahan tertawaan. Kali ini Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi mengeluarkan pernyataan nyeleneh dengan mengancam memecat kepala daerah yang menggunakan ijazah palsu.

Saat melakukan kunjungan di kantor pusat pemerintahan kabupaten Badung, Bali, Jumat (05/06) Yuddy mengancam akan memberhentikan oknum pejabat termasuk kepala daerah bila terbukti berijazah palsu.

“Jika kepala daerah atau kepala birokrasi ada yang menggunakan ijazah palsu, maka akan dilakukan pencopotan dan pemberhentian langsung. Segala hak-hak kepala daerah atau pun birokrasi ini akan di ambil secara keseluruhan,” ancamnya.

Terang saja, pernyataan ini menjadi bahan olok-olok karena dianggap tidak mengetahui tata pemerintahan daerah sebagai mana diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah Menjadi Undang-Undang.

Dalam Pasal 101 ayat (1) butir e disebutkan bahwa salah satu kewenangan DPRD Provinsi adalah mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian gubernur kepada Presiden melalui Menteri untuk mendapatkan pengesahan pengangkatan dan/atau pemberhentian.

Sedang Pasal 154 ayat (1) butir e mengatakan salah satu kewenangan DPRD Kabupaten/Kota adalah mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian bupati/wali kota kepada Menteri melalui gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat untuk mendapatkan pengesahan pengangkatan dan/atau pemberhentian.

Itu menandaskan bahwa Kementerian tidak memiliki kewenangan sedikitpun untuk melakukan pemecatan atau pemberhentian kepala daerah hasil pemilihan langsung. Untuk memberhentikan seorang kepala daerah, hanya dapat dilakukan oleh DPRD dengan cara mengusulkan kepada Presiden untuk memberhentikan seorang gubernur atau usulan kepada gubernur bila akan memberhentikan seorang bupati atau walikota. #

  • Bagikan