WNI dari Yaman Segera Pulang ke Indonesia

Respons cepat diambil Kementerian Luar Negeri saat mengetahui 262 Warga Negara Indonesia (WNI) berhasil keluar dari Yaman. Rombongan WNI yang tengah berada di Arab Saudi itu segera akan dipulangkan ke Tanah Air.

“Saat ini kita akan melakukan pendataan ulang untuk menyiapkan tiket pemulangan ke Indonesia,” ujar Wakil Dubes Indonesia di Arab Saudi Sunarko dalam keterangan tertulis, Kamis (2/4/2015).

Sunarko menjelaskan, saat rombongan WNI itu tiba di Arab Saudi, KBRI Riyadh serta KJRI Jeddah langsung membantu proses imigrasi. Selama di Arab Saudi, lanjut Sunarko, rombongan WNI tersebut akan ditampung sementara di Kota Jizan.

Menurut Konsulat Jenderal RI di Jeddah, Dharmakirty, rombongan WNI itu tidak bisa lama ditampung di Arab Saudi. Izin tinggal mereka di negeri kaya minyak tersebut hanya sekitar 2 pekan.

Pemberian waktu tinggal ini merupakan buah dari upaya pendekatan yang dilakukan perwakilan diplomatik RI kepada Otoritas Arab Saudi. Pendekatan tersebut telah dilakukan sejak Yaman mulai bergejolak.

“Kita sudah lakukan pendekatan jauh-jauh hari kepada imigrasi Saudi agar WNI yang dievakuasi dari Yaman dapat diberikan dispensasi visa transit 15 hari,” pungkas Dharmakirty.

Baca Juga  Pelabuhan Yaman Direbut Koalisi pimpinan Arab Saudi

Rombongan WNI yang berjumlah 262 orang telah berhasil dievakuasi dari Yaman pagi ini. Mereka meninggalkan negara yang tengah dilanda perang itu melalui jalur darat.

“Suasana sangat mencekam tetapi kami terus menenangkan para WNI dan meminta semuanya untuk terus berdoa sepanjang 5 jam perjalanan dari al hudaidah,” ujar Dubes RI untuk Yaman Wajid Fauzi.

Evakuasi dari Yaman ke Arab Saudi melewati jalur Sanaa – Al hudaidah – Tuwal – Jizan. Karena kondisi yang tidak kondusif Proses evakuasi dikawal langsung oleh Pasukan Khusus Militer Yaman

Facebook Comments
Authors
Tags

Related posts

Tinggalkan Balasan

Top