Waspadai Jenis Makanan yang Berbahaya bagi Jantung

SatuNusaNews – Di Zaman modern ini, makanan semakin banyak jenis dan variasinya. Diantara makanan-makanan yang biasa kita makan tersebut, tersembunyi bahaya yang sangat mematikan. Akumulasi zat berbahaya yang terdapat dalam makanan menimbulkan berbagai macam penyakit diantaranya Penyakit Jantung, penyakit ini disebut juga sebagai Silent Killer, karena ia muncul tidak disadari. Penyakit ini akan muncul belasan atau puluhan tahun akibat makanan yang kita konsumsi.

Zat yang berbahaya tersebut adalah Kolesterol. Pada dasarnya kolesterol itu tidak berbahaya jika terdapat dalam jumlah yang terbatas dan tidak melebihi batas Normal. Kolesterol ini terdapat dalam pembuluh darah manusia dan ikut mengalir didalam darah. Kolesterol ini dapat teroksidasi dan mengeras didinding pembuluh darah yang menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga aliran darah bisa terhambat. Apabila aliran darah ini terhambat maka mesin pompa darah akan berhenti beroperasi dan ini sangat FATAL.

Kita misalkan saja Jantung itu adalah mesin pompa air dan selang air itu adalah pembuluh darah. Apabila selang air kita sumbat maka otomatis mesin pompa air akan berhenti, karena air tak mengalir.

Sangat disarankan agar Kolesterol ini berada pada batas yang sangat Minimal sekali dengan harapan kita memiliki Pembuluh Sarah yang sehat serta Jantung yang sehat.

Waspadai Jenis Makanan yang Berbahaya bagi Tubuh Manusia yang diantaranya.

1. Daging Merah

Yang dimaksud daging merah ini diantaranya adalah berbagai jenis daging dari hewan ternak, terkecuali jenis daging Unggas (daging putih). Dalam daging merah ini terkandung Kolesterol yang sangat tinggi. Bagi yang suka makan makanan yang bersumber dari Daging Merah setiap hari, ada baiknya untuk mencari variasi makanan lain. Ikan bisa menjadi pilihan terbaik.

2. Santan

Semua jenis makanan yang mengandung santan pasti memiliki Kolesterol tinggi. Ada beberapa jenis makanan daerah yang bahan pokoknya yaitu santan. Sebaiknya dihindari.

3. Kuning Telur

Kuning Telur adalah sumber kolesterol. Disini termasuk juga jenis makanan yang mengandung banyak kuning telur seperti kue-kue dll. Menurut ilmu gizi, kita hanya diperbolehkan makan Telur sebanyak 2 (dua) butir per minggu. Bagi yang suka minum teh telur atau telur separuh masak setiap hari, sebaiknya hal ini dipertimbangkan lagi.

4. Hati/Limpa dan Jeroan

Makanan jenis ini juga merupakan Sumber Kolesterol yang patut juga kita waspadai.

5. Non Makanan – Asap Rokok

Zat yang terdapat dalam Asap rokok yang dinamakan TAR, ini dapat menyumbat pembuluh darah. Asap rokok juga dapat menimbulkan penyakit lain yang berbahaya selain penyakit pembuluh darah. Bagi yang senang sekali merokok setelah makan, sebaiknya berpikir ulang. Setelah kita makan, maka pembuluh darah akan dibanjiri oleh zat-zat makanan dari makanan yang kita makan, ditambah lagi dengan masuknya TAR, otomatis ini akan memperburuk aliran darah.

Mari kita andaikan ketika lalu lintas sedang ramai, akibat terlalu ramai maka aliran lalu lintas akan “macet”. Ini bisa FATAL.

Sesuai dengan Ajaran Islam, Puasa sebenarnya adalah salah satu teknik yang diajarkan oleh Islam, agar pembuluh darah manusia menjadi bersih. Minimal puasa dalam bulan Ramadhan. Satu bulan berpuasa itu adalah waktu yang cukup untuk membersihkan pembuluh darah dari berbagai penyakit dan zat-zat berbahaya. Berpuasa adalah cara yang alami bagi tubuh kita untuk membersihkan berbagai zat berbahaya tadi. Coba Anda bayangkan bagaimana kondisi tubuh seseorang jika dalam 1 (satu) tahun ia tidak bernah berpuasa selama 1 (satu) bulan? tumpukan zat berbahaya tersebut terdapat dalam tubuhnya setiap tahun. Naudzubillah…

Facebook Comments
Authors
Tags
Top