Mendaratkan Pesawat di Gedung Capitol, Seorang Pria Ditahan

SatuNusaNews – Sebuah girokopter, helikopter ringan berpenumpang tunggal membuat suasana panik saat mendarat di Gedung Capitol AS, Rabu (16/04) waktu Amerika Serikat.

Dilangsir dari CNN, penyusup tersebut adalah seorang tukang pos asal Florida yang ingin menunjukkan keprihatinannya atas maraknya politik uang di Amerika Serikat. Pria tersebut bernama Doug Hughes dengan pesawat pribadi kecil yang disebut “girokopter” dan terbang satu jam dari Maryland ke wilayah udara terbatas di atas Washington dan mendarat di West Lawn gedung Capitol.

Penerbangan tersebut disebutnya sebagai penerbangan protes dan ingin mendapat perhatian dari seluruh pihak atas politik uang yang marak terjadi. Dalam bawaannya, ditemukan surat yang ia rencanakan akan diserahkan kepada seluruh anggota Kongres mendesak mereka untuk mereformasi undang-undang dana kampanye.

Hughes menyebabkan huru-hara Rabu sore ketika ia terbang dengan girokopternya dan tidak terdeteksi oleh NORAD. Polisi Capitol AS berkumpul saat mendarat dan Gedung Putih mengatakan Presiden Barack Obama telah diberitahu tentang situasi yang terjadi.

Kejadian ini menyebabkan kawasan sekitar Gedung Capitol AS ditutup untuk umum.

Menurut Kepolisian Capitol AS, pesawat itu mendarat diamati pada sekitar 13:30 waktu setempat dan sang pengemudi, Doug Hughes langsung ditahan. Tim penjinak bom menyelidiki girokopter tapi tidak menemukan bahan yang dianggap berbahaya. Penegakan hukum kemudian membawa girokopter ke lokasi yang aman, menurut Polisi Capitol.

Hughes sendiri kemudian ditangkap dan dipindahkan ke penjara pusat di Washington untuk kemudian diperiksa intensif apakah ada motif lain dari penerbangannya tersebut.

Facebook Comments
Authors
Top