Kementerian PU-Pera Siap Lelang Proyek Infrastruktur

SatuNusaNews – Pemerintah siap membelanjakan separuh dari total alokasi dana infrastruktur yang sebesar Rp 118 triliun guna menggenjot pembangunan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) menyatakan segera melelang sejumlah proyek infrastruktur pemerintah dengan target awal mencapai Rp 60 triliun.

“Dana PU & Pera memiliki anggaran kedua terbanyak, dari Rp 118 triliun persen yang siap ditender sekitar Rp 60 triliun,” kata Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) usai mengunjungi Kantor Kementrian PU-Pera, Selasa (7/4).

Menurut JK, separuh dari total dana infrastruktur ini akan dipakai membiayai proyek-proyek infrastruktur, perumahan, dan pengairan yang rencananya akan mulai dieksekusi mulai bulan depan hingga akhir tahun. Akselerasi pembangunan infrastruktur ini diharapkan JK dapat mendorong ekonomi tumbuh hingga 7 persen.

Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono menjelaskan saat ini ada 13.773 paket dan 9.929 proyek yang sudah dilelang. Sementara itu, yang masih dalam proses tender sebanyak 4.000 proyek.

Pada revisi APBN 2015, lanjut Basuki, anggaran belanja Kementerian PU-Pera ditambah sebesar Rp 33 triliun dari pagu awal Rp 80 triliun. Tambahan anggaran tersebut lebih rendah dari yang diminta oleh Kementerian PU-Pera sebesar Rp 47,5 triliun.

“Tambahan anggaran ini jangan dilihat sebagai omset, tapi lihat sebagai tugas,” ujar Menteri Basuki.

Basuki menambahkan prioritas proyek yang akan dibiayai dari dana tambahan tersebut adalah pembangunan 49 waduk baru yang direncanakan selesai pada 2019. Khusus untuk 2015, Basuki pernah mengatakan sebanyak 13 waduk akan dibangun menyusul 16 proyek yang sedang berjalan saat ini.

Facebook Comments
Authors
Tags

Tinggalkan Balasan

Top