Inilah Profil Muhamadu Buhari Presiden Terpilih Nigeria

muhammad buhari nigeriaMuhammadu Buhari, mantan penguasa militer Nigeria, adalah seorang Muslim dari negara bagian utara dan dipandang sebagai penantang utama capres Goodluck Jonathan, seorang Kristen dari selatan.

Mantan pemimpin yang memerintah dari Desember 1983 sampai Agustus 1985 memiliki reputasi sebagai tokoh yang anti-korupsi, setelah ia mempenjarakan ratusan politisi, pejabat dan pengusaha selama pemerintahannya.

Lahir pada Desember 1942, menjadikan dia sebagai calon presiden tertua negara itu. Setelah bergabung dengan militer Buhari masuk politik pada tahun 1976 sebagai menteri di bawah Olusegun Obasanjo, mantan penguasa militer. Ia termilih untuk memimpin negara oleh perwira militer setelah kudeta yang nyaris tak berdarah pada tahun 1983.

Pemerintahannya ditandai dengan langkah-langkah penghematan yang ketat, memenjarakan politisi atas tuduhan korupsi dan mengeksekusi pengedar narkoba dan perampok bersenjata. Beberapa telah mengkritik periode ini atas pelanggaran hak asasi manusia dan penggunaan wewenang yang berlebihan, tetapi yang lain mengatakan hal itu membantu memerangi korupsi di Nigeria.

Namun, pada bulan Agustus tahun 1985, Buhari digulingkan dalam kudeta lain yang dipimpin oleh umum Ibrahim Babangida, dan ia dipenjara selama 40 bulan. Sejak itu ia tetap aktif dalam politik, namun tidak berhasil mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilu 2003 dan 2007.

Baca Juga  Puluhan Warga Nigeria Ditembak Mati Setelah Sholat

Sebelumnya ia dicurigai oleh warga Kristen di selatan dengan tuduhan bahwa ia memiliki agenda Islam radikal. Tapi tahun ini dia bisa mendapatkan keuntungan dari sistem divisi regional, dengan banyak Muslim marah dengan kampanye Jonathan, yang memecah perjanjian dalam partai yang berkuasa yang mengatakan presiden harus memutar calon antara utara dan selatan. Reputasi Buhari yang dikenal disiplin dan persepsi populer bahwa ia lebih bersih daripada banyak elit politik menjadikan dia calon oposisi utama Jonathan.

Facebook Comments
Authors

Related posts

Tinggalkan Balasan

Top