Beasiswa Untuk Siswa Madrasah Ke Negeri Sakura

SatuNusaNews – Kerja sama Kementerian Agama dan pemerintah Jepang memungkinkan lulusan terbaik sekolah menengah Islam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi Jepang.

Kementerian Agama dan universitas penyedia beasiswa menanggung biaya pendidikan mereka di Negeri Sakura.
Sejauh ini tidak terbatasi kuota, siapa yang lulus seleksi bisa kuliah di Jepang.

Peningkatan kualitas siswa madrasah di Tanah Air terus ditingkatkan pemerintah. Salah satu upaya meningkatkan kualitas para lulusan madrasah tersebut, membuka peluang bagi lulusan terbaik madrasah melanjutkan studi ke luar negeri dalam tiga tahun terakhir.

Semakin besarnya peluang siswa madrasah melanjutkan studi ke luar negeri ini, berkat kerjasama Kemenag bersama 20 universitas di Jepang tahun ini. Untuk tahun ini, kemenag ingin ambil peran memberikan beasiswa bagi 20 siswa madrasah ke Jepang.

Peluang tersebut terbuka bagi setiap siswa lulusan madrasah, dengan catatan memenuhi persyaraatan yang telah ditetapkan.

Di antaranya, memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik. Kemudian memperoleh standar nilai mata pelajaran yang diujikan, termasuk perolehan nilai dari matrikulasi pelajaran yang ditetapkan oleh 20 perguruan tinggi di Jepang.Pilihan studi mereka, terangnya, juga akan disesuaikan dengan jurusan yang telah mereka ambil di madrasah. Bila jurusan IPA, bisa mengambil jurusan sains, sedang jurusan IPS, bisa mengambil jurusan-jurusan ilmu-ilmu sosial dan ekonomi.

Dengan anggaran pendidikan Kemenag yang saat ini sudah meningkat maka peluang mengirimkan siswa madrasah ke luar negeri dari kemenag itu bukan tidak mungkin.

Beberapa Universitas yaitu, Ritsumeikan Asia Pacific University, Kyoto University, Tohoku University dan Nagoya University di Jepang sudah menawarkan beasiswa bagi lulusan Madrasah Aliyah.

Pendaftaran beasiswa lulusan madrasah ke Jepang dibuka 30 Maret sampai 15 April 2015. Para pendaftar bisa mengisi formulir pendaftaran daring melalui laman Kementerian Agama.

Upaya mengirimkan siswa madrasah studi ke luar negeri ini adalah upaya memfasilitasi lulusan madrasah yang berkualitas untuk memperoleh pendidikan terbaik.

Facebook Comments
Authors
Tags

Tinggalkan Balasan

Top