Alhamdulillah, Calon Presiden Muslim Menangi Pilpres Nigeria

muhammad buhari nigeriaMantan penguasa militer Muhammadu Buhari, terpilih sebagai presiden dengan mengalahkan presiden incumbent Goodluck Jonathan dalam pilpres di Nigeria. Hasil ini menempatkan dia bertanggung jawab atas negara yang paling padat penduduknya dan ekonomi terbesar di Benua Afrika.

Buhari adalah calon presiden yang beragama Islam, sementara presiden incumbent yang berhasil ia kalahkan adalah seorang Kristen.

Al Jazeera melaporkan dari ibukota Abuja, pernyataan Buhari dinyatakan sebagai pemenang setelah ia meraih selisih 2,7 juta orang dibanding rivalnya, incumbent Presiden Goodluck Jonathan.

Buhari berhasil memenangi lebih dari 25 persen orang di 24 negara, mengesampingkan suara tidak sah.

Untuk memenangi pemilu, Buhari membutuhkan lebih dari 50 persen dari total suara nasional – dan setidaknya 25 persen suara di dua pertiga negara.

Jonathan secara terbuka mengakui kekalahan dan menyampaikan ucapan selamat kepada presiden terpilih.
Ia mendesak para pendukungnya untuk menghormati proses tersebut dan tidak perlu menyalurkan rasa frustrasi mereka pada kekalahan pemilu di tengah ketakutan akan kekerasan.

“Tidak ada ambisi bernilai darah setiap warga Nigeria,” katanya dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan setelah kekalahan pemilihannya. “Kesatuan, stabilitas, dan kemajuan negara kita tercinta lebih penting dari apa pun.”
The All Progresif Congress (APC) partai sebelumnya mengatakan bahwa Buhari telah menerima telepon dari presiden incumbent Jonathan dimana ia langsung mengakui kekalahan dan mengucapkan selamat kepadanya atas kemenangannya.

“Ada selalu ketakutan bahwa ia mungkin tidak ingin mengakui, tapi ia akan tetap menjadi pahlawan bagi gerakan ini. Ketegangan akan turun drastis,” Lai Mohammed, ucap juru bicara APC. Kemenangan bagi Buhari menandai pertama kalinya dalam sejarah Nigeria dimana partai oposisi berhasil mengambil alih negara dari partai berkuasa melalui pilpres yang demokratis.

Facebook Comments
Authors

Tinggalkan Balasan

Top