AL AS Sukses Uji Coba Drone Yang Mampu Terbang Non Stop

SatuNusaNews – Angkatan Laut Amerika Serikat sukses melakukan uji coba pesawat tanpa awak (drone) yang bisa terus terbang tanpa perlu mendarat ke bumi. Drone bertipe X-47B berhasil menyelesaikan tes penting untuk pengisian bahan bakar di udara.

Sebagaimana dikutip dari Mail Daily, drone tersebut cukup mengisi bahan bakar dari sebuah pesawat pengisi bahan bakar yang terbang bersisian dibantu sebuah lengan pengisi robotik.

Pesawat Salty Dog 502 satu dari dua pesawat ujicoba tak berawak pada program X-47B. Sebelumnya, telah dipasang alat pengisian bahan bakar di udara ke selang dari pesawat tanker Omega Air KC-707, di lepas pantai Maryland. Selama pengujian, pesawat tersebut dibuntuti oleh pesawat tanker Omega Air 707 sejauh satu mil sebelum menggunakan sensor optik dan kamera video untuk memantau proses pemasangan selang pada katub bahan bakar yang berjarak sekitar enam meter.

Tergantung cuaca, ujicoba pengisian bahan yang dijadwalkan berlangsung sepanjang akhir pekan.

X-47B 2

Drone X-47B  kurang lebih seukuran dengan F/A-18 Super Hornet, berat sekitar 20 ton dan bentangan sayap 20 meter.

Baca Juga  Al Qaeda Eksekusi Dua Mata-mata Amerika

Tujuan dari ujicoba pengisian bahan bakar ini untuk mentransfer 1,5 ton bahan bakar dalam lima menit. Tapi ini adalah ujian terakhir dari sejarah X-47B, yang kini akan dimusiumkan, walau menurut Foxtrot Alpha X-47B baru menjalani 20% jam terbangnya.

Manajer program Pesawat Tanpa Awak Angkatan Laut AS Kapten Beau Duarte mengatakan bahwa pengisian bahan bakar cukup sulit untuk pilot manusia, kemampuan pengisian bahan bakar di udara adalah pencapaian besar bagi dunia dirgantara.

“Penerus X-47B, Drone UCLASS, dengan peningkatan kemampuannya dirancang mampu terbang 24/7 di udara sebagai pesawat yang terus berpatroli di sekitar kapal induk,” jelas Duerte.

Facebook Comments
Authors
Tags , ,

Related posts

Top