Mahasiswa Bali Mengkritik Pemerintahan Jokowi

Gerakan elemen mahasiswa untuk mengkritik pemerintahan Jokowi semakin meluas. Tepatnya hari Selasa, 24 Maret 2014, segenap elemen Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Udayana Bali menggelar aksi di Bundaran Patung Catur Muka, Denpasar. Mereka menilai Jokowi gagal memenuhi janji-janjinya kepada rakyat.

Presiden BEM Unud menyatakan, aksi serentak untuk mengkritisi Jokowi pada tanggal 20 Maret 2015 lalu terbentur pada rangkaian perayaan Nyepi di Bali, oleh karenanya, baru bisa dilaksanakan pada hari ini.

“Memang kepemimpinannya masih 200 hari, tetapi kan ada beberapa hal yang belum sesuai dengan harapan. Ini aksi serentak, tetapi di Bali baru dilaksanakan minggu ini karena terbentur dengan pelaksanaan Nyepi,” kata Presiden BEM Unud, Ni Nyoman Clara Listya Dewi, di Denpasar, Bali, Selasa.

Hal terutama yang dituntut oleh BEM Unud adalah agar Jokowi memenuhi Nawacita yang menjadi janjinya saat kampanye.

“Kami menuntut Presiden Jokowi memenuhi Nawa Cita-nya. Memang, di awal, tidak 100 persen bisa dilaksanakan, tetapi kan ada masalah-masalah yang menjadi tuntutan kami juga segera dilaksanakan. Kami mahasiswa bertugas untuk mengingatkan. Kami mengkritisi bukan berarti anti-Jokowi. Kami mendukung program-program pemerintah yang pro-rakyat,” ujarnya.

Baca Juga  Mahasiswa NTB tolak kehadiran Jokowi

Demo yang berlangsung tertib ini meminta pemerintah membuat kebijakan untuk menurunkan harga kebutuhan pokok, menstabilkan kurs rupiah, menasionalisasi blok Mahakam 100 persen tanpa ada pihak asing, menyelesaikan konflik KPK-Polri dan memberantas upaya pelemahan KPK, menolak rencana anggaran untuk partai Rp 1 triliun per tahun, dan yang terutama meminta Jokowi mencabut Perpres No 51 Tahun 2014 tentang Reklamasi Teluk Benoa.

Aksi mahasiswa yang berlangsung tertib dan kondusif ini sekaligus membuktikan bahwa gerakan mahasiswa tak ditunggangi kepentingan partai tertentu seperti yang dituding beberapa pihak beberapa waktu lalu.

Facebook Comments
Authors
Tags

Related posts

Tinggalkan Balasan

Top