Waduh! Presiden, Rakyat, Facebook, dan Twitter Telah Ditipu

akun facebook jokowi

Pernyataan mengejutkan keluar dari Istana. Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana tidak memiliki atau memegang akun media sosial, baik Facebook dan Twitter.

“Presiden tidak memiliki atau memegang akun apapun baik itu Twitter atau facebook,” kata Andi di Jakarta, Selasa 27 Januari 2015.

twitter jokowi

Anehnya, kedua akun tersebut bertanda Verified Account.Verified Account ditandai dengan tanda centang di ujung nama akun, sebuah kepastian dari pihak Twitter dan Facebook bahwa akun tersebut adalah akun asli yang dikelola oleh orang yang namanya tersebut di akun tersebut. Artinya, jika akun tersebut menyebut dirinya Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, bisa dipastikan bahwa akun tersebut memang milik Joko Widodo Presiden Republik Indonesia. Terlihat bahwa nama Joko Widodo tersebuat adalah ditujukan ke Joko Widodo Presiden Republik Indonesia ditandai dengan galeri photo-photonya yang memajang wajah Presiden Indonesia.

Bukan hanya dalam bentuk verifikasi digital, sang pendiri Facebook Mark Zuckerberg, menyempatkan diri ia bertandang ke Balaikota DKI Jakarta, Senin (13/10/2014) pagi ini sekitar pukul 09.00 WIB, untuk bertemu presiden terpilih Joko Widodo. Semestinya itu pun menjadi pembenaran bahwa Joko Widodo punya akun Facebook. Aneh jika seorang pendiri sosial media terbesar mau bertemu dengan seseorang yang tidak memiliki akun Facebook, walau memang tidak ada aturan yang membatasinya.

Baca Juga  Tunjukkan Tanggung Jawab Kebangsaan, Muhammadiyah Kritik Kapitalisasi BBM

Akun Twitter terverifikasi @Jokowi_do2 memiliki follower 2.664.072 orang itu memang sudah sejak 22 Agustus 2014 tak lagi berkicau. Sedangkan akun Facebook terverifikasi Joko Widodo disukai 2.117.774 orang, masih mengupdate status pada tanggal 25 Januari lalu dengan kalimat “Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti…”

Bukan hanya Twitter dan Facebook yang tertipu, bahkan seluruh netizen di Indonesia dan dunia tertipu pula dengan kedua akun terverifikasi tersebut. Tapi yang paling fatal adalah sang pemilik akun jelas menipu lembaga kepresidenan dengan menyebut akun Facebook Joko Widodo sebagai Laman Resmi Facebook Ir H Joko Widodo Presiden Terpilih Republik Indonesia 2014-2019.

profil facebook jokowi

Anehnya, Istana tidak mempermasalahkan hal tersebut. Menurut Andi, keberadaan akun-akun tersebut sejauh ini tidak merugikan sehingga tidak perlu diramaikan. “Tidak ada larangan juga‎, sejauh ini tidak ada pernyataan dari pemilik akun itu bahwa mempresentasikan presiden,” ujarnya.

Sesuatu yang aneh bukan? Ada yang mencatut nama Presiden Republik Indonesia secara terang-terangan, namun lembaga kepresidenan justru tidak mempermasalahkannya. Semoga ini bukan keTIDAK JELASan baru yang dikeluarkan oleh Pemerintahan Joko Widodo untuk Indonesia Hebat.

Facebook Comments
Authors

Related posts

Tinggalkan Balasan

Top