Presiden Harus Mandiri

113001320130914-101721780x390

 

 

 

 

JAKARTA – Akademisi dan pemerhati kepolisian Bambang Widodo Umar berharap Presiden Joko Widodo tidak tunduk pada kepentingan politik tertentu. Jokowi harus berani menolak kepentingan politik pengusungnya sendiri.

“Kita ingatkan, presiden itu haruslah mandiri, jangan tergantung,” ujar Bambang di Sekretariat Kontras, Jakarta, Rabu (14/1/2015).

Pengajar Program Pascasarjana Kajian Ilmu Kepolisian Universitas Indonesia itu menilai ada gejala ketergantungan Jokowi terhadap kelompok kepentingan politik di sekitarnya. Yang paling kentara adalah saat Jokowi menunjuk Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan menjadi calon Kepala Polri (Kapolri).

Menurut Bambang, Budi memiliki kedekatan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Budi adalah mantan ajudan Megawati ketika Megawati menjadi Presiden RI.

“Saya hanya berharap, momen ini menjadi hal penting bagi presiden. Ke depannya, saya harap presiden tidak bisa dipengaruhi,” ujar mantan polisi tersebut.

Setelah Budi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, Bambang berharap Jokowi mengganti Budi dengan calon lain untuk menjadi Kapolri. Ia juga berharap proses pemilihan calon Kapolri dilakukan dengan melibatkan KPK, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, serta Direktorat Pajak demi mendapat pejabat negara yang bersih.

sumber : Presiden harus mandiri

Facebook Comments
Authors

Tinggalkan Balasan

Top