Hanura: Jokowi Telah Melecehkan DPR RI

syarifuddin suding

SatuNusaNews – Satu persatu rekan koalisi pengusung Jokowi mulai jenuh dengan sikap Presiden Joko Widodo yang dianggap lambat dan tidak tegas, dan terkesan lalai dalam menjalankan tugas kenegaraan. Tak tanggung-tanggung, adalah Ketua Fraksi Partai Hanura DPR RI Syarifuddin Suding yang kali ini berbicara sangat keras.

“DPR RI harus bersikap kepada Presiden karena telah melecehkan DPR RI. Panggil Presiden Jokowi dan berikan penjelasan di DPR RI,” tandas Sudding di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (27/1/2015) merespon sikap Jokowi tentang kondisi tanah air akhir-akhir ini, khususnya masalah calon Kapolri Komjen Budi Gunawan.

“Komisi III mendesak pimpinan DPR RI agar menyurati Presiden Jokowi. Panggil Presiden Jokowi untuk memberikan penjelasan di DPR RI. Jangan memberikan penjelasan di luar sana, jangan sekadar lewat jumpa pers saja,” tegasnya. “Paling tidak dewan ajukan hak dan Presiden ajukan jawaban kenapa tidak dilaksanakan apa yang telah dilakukan DPR RI,” ia melanjutkan.

Menurut Sudding, DPR sudah melaksanakan kewajiban konstitusionalnya untuk melakukan fit dan proper test kepada Komjen Budi Gunawan sebagai calon Kapolri yang telah diajukan Presiden Jokowi. Karena hanya calon tunggal maka tidak ada pilihan lain kepada DPR selain meluluskan apa yang presiden ajukan.

Baca Juga  Minang dan Jokowi

Namun apa yang kemudian Jokowi malah tidak memperdulikan apa yang telah DPR kerjakan. Semestinya Presiden Jokowi menjelaskan kepada DPR RI apa yang akan dia lakukan secara konstitusi, bukan sekedar berbicara dalam jumpa pers di luar. Menurut Sudding, hal itu adalah bentuk pelecehan terhadap institusi DPR RI.

 

Facebook Comments
Authors

Related posts

Tinggalkan Balasan

Top