Effendi Simbolon: Jokowi Belum Siap Sebagai Presiden

efendi simbon jokowi

SatuNusaNews – Politisi partai pendukung utama Presiden Joko Widodo membuat pernyataan yang menghentak. Adalah Effendi Simbolon, kader utama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mengeluarkan pernyataan bahwa Joko Widodo sebenarnya belum siap untuk diberi amanah sebagai presiden di republik ini.

Hadir sebagai pembicara dalam Diskusi Publik ‘Evaluasi 100 Hari Pemerintahan Jokowi-JK’ yang diadakan Paramadina Graduate School of Communication di Kampus Paramadina, Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (26/01) ia menyatakan bahwa Jokowi adalah presiden prematur.

Politisi yang pernah menjadi calon Gubernur Sumatera Utara oleh PDIP ini lebih lanjut mengatakan, “100 hari belum cukup beri assessment (penilaian). Saya tidak ingin cari kesalahan yang lama. Tetapi, berangkatnya pemerintahan ini terus terang antara nakhoda dengan kru tidak saling kenal. Bayangkan, kalau antarkru tidak saling kenal. Tetapi, sebuah keniscayaan. Ini harus kita terima.”

Effendi mengakui kalau Jokowi saat ini justru dikelilingi orang-orang yang tidak memiliki kompetensi sebagai pembantu presiden. Terlalu banyak orang asing bagi Jokowi, yang menurutnya itu tak lain bentuk intervensi bagi Jokowi dalam membuat kebijakan. “Banyak intervensi, bukan hanya dari internal pak Jokowi. Tetapi, di kalangan KIH (Koalisi Indonesia Hebat) itu sendiri,” ujar dia.

Baca Juga  Pakar Hukum: Seleksi Capim KPK Seperti Ajang Pencari Kerja

Menyikapi kisruh antara KPK dengan Polri, Effendi juga menyayangkan sikap Jokowi yang latah membentuk Tim Independen yang dia rasa tak perlu karena Presiden punya Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) untuk dimintai pendapatnya. “Yang atur anak kecil, yang diatur prematur, inkubator jadinya. Ketika Presiden selesaikan masalah KPK-Polisi yang dipanggil Wantimpres dong, ring dalam dong dimanfaatkan. Tetapi, ini malah dipanggil orang di luar sistem,” katanya.

Facebook Comments
Authors
Tags , , ,

Related posts

Tinggalkan Balasan

Top